Cara Memilih Nama Domain

Apa itu domain? Bagaimana Cara Memilih Nama Domain yang baik buat website atu blog? Artikel berikut ini mengulasnya.

Cara Memilih Nama Domain

Nama domain adalah alamat atau URL blog/website. Nama domain diapit http, https, dan/atau www sebagai subdomain dan ekstensi domain .com, .net, .org dan sebagainya.

Gambar berikut ini menunjukkan apa itu nama domain:

Cara Memilih Nama Domain

Sekarang sudah paham apa itu nama domain. Selanjutnya kita bahas  Cara Memilih Nama Domain.

Cara Memilih Nama Domain

Bagaimana cara memilih nama domain? Pilih nama domain yang pendek, bermerek, dan unik!

Nama domain memiliki dampak besar di seluruh web dalam hal rasio klik-tayang, mulai dari pencarian hingga hasil media sosial, hingga tautan rujukan, hingga mengetik lalu lintas, kemampuan merek, dan iklan offline.

Ada banyak tempat di mana nama domain Anda memengaruhi merek dan pemasaran daring Anda, dan kami tidak bisa mengabaikannya.

1. Merek

Brandable artinya ketika Anda mendengar atau melihat nama domain, itu terdengar seperti merek. Yang berarti bahwa tanda hubung (-) dan angka adalah masalah nyata karena mereka tidak terdengar seperti merek. Kedengarannya generik, atau aneh.

Misalnya, jika kami ingin membuat situs web pasta yang memiliki resep pasta dan menjual beberapa produk e-commerce terkait pasta di dalamnya,

  • Pasta-shop.com akan sulit untuk dicap, diucapkan, atau diingat.
  • PastaAficionado.com terdengar brandable, unik, tetapi cukup menantang untuk dikatakan.
  • PastaLabs.com akan luar biasa karena memiliki konotasi ilmiah untuk itu, sangat bermerek, unik, mudah diingat, dan menonjol.

2. Mudah diucapkan

Anda mungkin berpikir, "Mengapa ini begitu penting sehingga bisa diucapkan? Kebanyakan orang akan mengetik atau mengklik tautan."

Itu penting karena "kelancaran pemrosesan". Bias kognitif bahwa manusia memiliki tempat kita mengingat (dan memiliki lebih banyak asosiasi positif dengan) hal-hal yang dapat dengan mudah kita katakan dan pikirkan. Itu termasuk kemampuan mengucapkan dalam pikiran kita sendiri.

Ini akan bervariasi pada bahasa dan wilayah yang Anda targetkan.

Jika Anda tidak dapat dengan mudah menyebutkan namanya, Anda akan kehilangan kelancaran pemrosesan, kemampuan mengingat, dan manfaat dari kemampuan merek yang telah Anda buat.

3. Singkat

Panjang penting karena kelancaran pemrosesan yang kita bicarakan di atas.

Semakin sedikit karakter yang dimiliki nama domain, semakin mudah untuk mengetik, mengatakan, berbagi, dan semakin sedikit diperpendek pada platform berbagi media sosial dan hasil pencarian.

Lebih pendek lebih baik.

4. Dot com

Ekstensi domain .com adalah TLD yang paling dikenal dan paling mudah diakses.

Kefasihan kognitif menentukan bahwa kita harus pergi dengan sesuatu yang mudah, bahwa orang-orang memiliki hubungan dengan, dan .com masih merupakan TLD utama.

Jika Anda ingin membangun domain yang sangat bermerek yang dapat melakukannya dengan baik, Anda ingin .com. Mungkin, pada akhirnya, jika Anda sangat sukses, Anda harus mencoba dan menangkapnya, jadi saya akan bias Anda untuk mendapatkannya jika Anda bisa.

Jika tidak tersedia, saran saya adalah menggunakan .net, .co, atau ccTLD yang dikenal. Itu adalah taruhan terbaik Anda. CcTLD yang dikenal mungkin seperti .ca di Kanada atau .it di Italia.

5. Hindari pelanggaran merek dagang

Anda harus berhati-hati karena itu bukan apakah Anda berpikir nama domain Anda bisa membingungkan. Apakah Anda menganggap hakim di yurisdiksi, tempat perusahaan mungkin mengambil tindakan hukum terhadap Anda, akan menganggap nama domain Anda membingungkan.

Ini juga dapat membuat kebingungan merek, yang sulit bagi brandability Anda.

Anda harus berbicara dengan seorang pengacara atau profesional hukum jika Anda memiliki masalah nyata.

Pemilik merek dagang dapat berupaya menuntut pemilik nama domain, yang memiliki domain secara sah dan menggunakannya untuk tujuan bisnis, dan itu menyebalkan.

6. Gunakan kata kunci luas

Kata kunci dalam nama domain dapat membantu dengan bias kelancaran kognitif, tetapi juga dari perspektif SEO.

Google telah bias dari pencocokan sama persis dan domain pencocokan sebagian, tetapi teks jangkar yang Anda dapatkan dari orang-orang yang terhubung ke domain Anda dapat membantu.

Jika Anda bisa mendapatkan penyebutan kata kunci dalam nama domain Anda yang membantu memperjelas apa yang Anda maksud dengan situs web Anda, lakukanlah. Tetapi jika Anda mencoba untuk mengamankan kaya kata kunci atau domain bertarget kata kunci, saya akan menjauh dari yang di tahun 2017. Mereka tidak memiliki bobot yang mereka gunakan sebelumnya dan memiliki asosiasi negatif (dengan pengguna dan mesin pencari) yang Anda harus dihindari.

Misalnya, saya tidak akan membeli nama domain seperti; RecipesForPasta.com atau BuyPastaOnline.com. Saya, sebagai gantinya, pergi untuk sesuatu yang sangat luas seperti Gusto.com.

Pikirkan tentang Amazon.com atau Google.com, yang jelas tidak memiliki hubungan dengan apa itu. Ini sangat bermerek tetapi tidak memiliki kekayaan kata kunci untuk mereka.

Ini lebih merupakan asosiasi kreatif, seperti "semangat" berarti "rasa" dalam bahasa Italia. Jadi saya mungkin tergoda untuk pergi ke arah itu. (moz)

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog